background img

The New Stuff

Manfaat dan Khasiat Kunyit


 Khasiat Dan manfaat Kunyit

Kunyit / Kunir ( Curcuma domestica Val ) sudah digunakan sejak dahulu kala sebagai rempah untuk penyedap masakan, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai proses
pembuatan minyak kelapa secara basah, selain warna minyak menjadi menarik , kunyit juga dapat mengawetkan minyak kelapa.

Mekanisme pengawetan ini terjadi karena minyak asiri yang terdapat pada kunyit dapat mengikat air melalui pemecahan ikatan ester jika konsentrasi kunyit lebih dari 4%.

Sifat antioksidan yang terdapat pada kunyit sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Masyarakat sudah mengenal akan kelebihan dari tanaman Rempah Kunyit ini , kunyit juga dapat menyembuhkan seperti Pilek, Demam, Rematik, Diare, Disentri, Panas dalam, Sariawan. dll

Selain digunakan untuk mengobati penyakit, kunyit juga dapat digunakan untuk kecantikan, rempah kunyit di manfaatkan sebagai kecantikan kulit , menghaluskan kulit. Kandungan kimia yang terdapat di dalam kunyit adalah kandungan minyak asiri kunyit sekitar 3-5%.Minyak asiri kunyit ini terdiri senyawad-alfa-pelandren(1%), d-sabinen(0,6%), cineol(1%), borneol(0,5%), zingiberen(25%), tirmeron(58%), seskuiterpen alcohol(5,8%), alfa-atlanton, dan gamma-atlanton.

Komponen zat warna / pigemin pada kunyit yang utama adalah kurkumin , yakni sebanyak 2,5-6%, selain itu kunyit juga mengandung zat warna lain seperti monodesmetoksikurkumin dan biodesmetoksikurkumin. Pigmen kurkumin inilah yang member warna kuning oranye pada rimpang.

Tanaman Kunyit sangat banyak mengandung manfaat, Tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat baik di daerah yang memiliki intensitas cahaya tinggi / sedang.

Toba (Tanaman Obat Keluarga)

unyit adalah tanaman toba, selain bermanfaat sebagi tanaman obat herbal, juga sangat bermanfaat sebagai bumbu penyedap masakan, tanaman ini banyak di ditanam di pekarangan rumah / taman pada rumah, namun tanaman ini tidak tahan terhadap genangan air, dan kelembapan sangat diutamakan untuk kesempurnaan tanaman ini.

Kunyit termasuk dari jenis kelompok jahe, zingiberaceae, kunyit merupakan jenis tanaman asli wilayah Asia tenggara, dan kemudian mengalami penyebaran keberbagai daerah seperti Indonesia, Malaysia, Australia dan bahkan sampai ke Afrika.

PT Jamu Borobudur Herbal Telah memproduksi Ekstrak Kunyit Dari Rempah Rimpang Yang Berfungsi Sebagai Pengobatan Herbal yang membantu menjawab keluhan penyakit anda dengan memanfaatkan kelebihan dari Rempah kunyit. Kunirin ekstrak dari kunyit Terbuat dari Rempah kunyit yang berfungsi sebagai Menjaga Pencernaan , Menurunkan Kolesterol, Mengobati Radang Persendian.

Kelebihan KUNIRIN

    Efek samping relatif kecil
    Tidak mengandung bahan kimia obat (BKO).
    Mengandung ekstrak dengan konsentrat tinggi. (1 kapsul mengandung ekstrak yang setara dengan 5500 mg rempah kering.
    Diproses dengan mesin ekstraksi tekhnologi Jerman yang berstandar internasional.
    Proses produksi higienis dan dibawah pengawasan mutu yang ketat.
    Sertifikat ISO 9001 dan GMP (CPOTB).

Lambung adalah salah satu bagian dari alat pencernaan, merupakan organ berotot yang berongga dan mempunyai dua lubang, yatu satu lubang berupa pintu masuk dari esofagus dan satu lagi merupakan pintu keluar menuju usus kecil.

Fungsi lambung antara lain yaitu untuk menyimpan makanan untuk sementara, mencampur dan membantu mencerna makanan dengan bantuan sekresi-sekresi lambung dan asam hidroklorida, dan mengkontraksi makanan ke dalam usus kecil.

faktor-faktor penyebab gangguan pencernaan

    Terlalu banyak makanan yang mengiritasi lambung, seperti yang pedas, asam, minuman beralkohol.
    obat-obatan seperti aspirin (dosis tinggi), kortison, kafein, kortikosteroid.
    adanya stress dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang.
    Adanya asam lambung yang berlebihan.
    Waktu makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, atau makan berlebihan .
    Tertelannya substansi/zat yang korosif, seperti alkali, asam kuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain.
    Infeksi bakteri

CARA PENCEGAHAN :

    Konsumsi makanan yang lunak/lembut.
    Hindari makanan yang mengiritasi lambung, seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin.
    jangan terlambat makan atau makan berlebihan.
    Usahakan buang air besar secara teratur.

KANDUNGAN ZAT AKTIF KUNIRIN

Minyak atsiri (d-alfa-pelandren, d-sabinen, cineol, borneol, zingiberen, turmeron, seskuiterpen alkohol, alfa-atlanton, gamma-atlanton), amylum, zat pahit, resin, selulosa, curcuminoid , caffeic acid , protochatechuic acid, dan ukanon A, B, C, D.

MEKANISME KERJA

    Mengandung minyak atsiri dan curcuminoid, yang bekerja memperbaiki sistem pencernaan.
    Caffeic acid dapat merangsang semangat, sebagai penyegar, mengurangi rasa lelah dan antiradang.
    Protochatechuic acid dan ukanon A, B, C dan D dapat merangsang daya tahan tubuh, stamina dan kekebalan tubuh.

HASIL PENELITIAN :

    Oei Ban Lung, Darya Varia, 1986, Komponen utama turmeron dan ar-turmeron mempunyai daya antiinflamasi yang tinggi.
    Thamlikitkul V, J. Med Assoc Thai, 1989, Lebih dari 50% dari pasien yang mengalami gangguan lambung mendapatkan hasil yang memuaskan menggunakan ekstrak Kunir.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts